KKMTs Kabupaten Buleleng Gelar Porseka

BULELENG – Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Kabupaten Buleleng Masa Bakti 2020-2024 yang beranggotakan 12 perwakilan MTs se-Kabupaten Buleleng menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseka), Jumat (23/9/2022). Porseka ini merupakan yang perdana digelar pasca-pandemi Covid-19.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Buleleng, I Made Subawa, M.Pd., membuka Porseka. Ia bertindak sebagai pembina upacara pada pembukaan Porseka KKMTs Kabupaten Buleleng 2022 tersebut.

Dalam amanatnya, Subawa menyampaikan bahwa pembelajaran di luar kelas sebagai ajang aktualisasi diri peserta didik berperan penting dalam pengembangan watak dan karakter mereka sehingga harus dioptimalkan. “Kegiatan ini dapat diarahkan pula dalam rangka meningkatkan semangat kemandirian dan pemenuhan Profil Pelajar Pancasila, selain tentunya juga sebagai ajang unjuk prestasi,” ujarnya.

Mengutip pernyataan pencetus teori Kepribadian Abraham Maslow, Subawa menegaskan bahwa aktualisasi diri dapat mengasah diri untuk menghasilkan citra diri yang gemilang. Dan rasa percaya diri dapat mengembangkan aktualisasi diri.

Sebaliknya, kata dia, kurangnya percaya diri dapat menghambat aktualisasi diri. Ia juga tak lupa mengingatkan semua peserta dan pendamping agar menjadikan ajang Porseka ini sebagai media silaturahmi antar-madrasah.

Subawa juga mengapresiasi dan menyatakan terima kasih kepada KKMTs, panitia dan semua pihak yang turut andil dalam menjalankan Porseka ini.

Sementara Ketua Panitia Porseka, Sukur, M.Pd., dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti 12 madrasah se-Kabupaten Buleleng dengan melibatkan 100 pendidik dan tenaga kependidikan dan 300-an peserta dalam sembilan bidang lomba olahraga, seni dan kepramukaan.

Porseka berlangsung selama dua hari, yaitu Jumat-Sabtu, 23-24 September 2022. Ia berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses sesuai harapan bersama. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *