“Mekumpul”, Tradisi Berkumpul dan Makan Bersama Usai Idul Adha di Masjid Agung Jami’ Singaraja

BULELENG – Masjid Agung Jami’ Singaraja menggelar acara “Mekumpul”, yakni tradisi silaturahmi, berkumpul dan makan bersama usai perayaan Idul Adha. Acara yang bertajuk “Tradisional Eid Al Adha Gathering Ceremony” itu dilaksanakan Sabtu (16/7/2022) malam.

Hadir pada acara tersebut Ketua Bidang Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Agung Jami’ Singaraja, H. Hidayat Achdar, Sekjen BKM M. Reza Yunus, ulama/tokoh masyarakat Kampung Kajanan, H. Abdurahman Alawi, sejumlah tokoh ormas Islam, serta jamaah dan warga Muslim di Singaraja.

Dalam acara tersebut disediakan makan malam bersama nasi kebuli khas Kampung Kajanan. Sebanyak 1.000 porsi nasi kebuli dihidangkan kepada warga Muslim yang menghadiri acara “mekumpul” tersebut.

Ketua BKM Masjid Agung Jami’ Singaraja, H. Hidayat Achdar, menjelaskan, acara “mekumpul” tahun merupakan yang kali ketiga. Tahun 2020 diadakan “mekumpul” yang pertama, disusul tahun 2021 yang kedua kalinya. “Kali ini merupakan “mekumpul” yang paling spektakuler dari segi jumlah porsi. Kami menyiapkan 1.000 porsi nasi kebuli,” katanya.

Menurut Bang Dayat, demikian sapaan akrabnya, “mekumpul” merupakan acara yang dibuat sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT. “Sepanjang kami melaksanakan qurban, kami menyisakan satu kambing utuh untuk dimakan seluruh warga Kampung Kajanan. Yang sekarang ini kami baru mampu menyediakan 1.000 porsi makan,” jelasnya.

Dijelaskan, selain sebagai bentuk syukur, “mekumpul” ini juga sebagai syiar. “Bapak atau ibu, ajak ibu atau bapak serta anak-anak, ini nasi dari Allah, nikmati bersama-sama. Masjid ini rumah Allah, sama-sama kita ramaikan. Semua fasilitas yang ada di masjid ini milik Allah, sama-sama kita jaga,” tegasnya.

Sementara Sekjen BKM Masjid Agung Jami’ Singaraja, M. Reza Yunus, mengungkapkan, bahwa pada Idul Adha tahun ini, Masjid Agung Jami’ Singaraja memotong hewan qurban sebanyak 28 ekor. Terdiri atas 7 ekor sapi dan 21 ekor kambing.

“Totalnya kami pada tahun ini menyebarkan 1.699 paket daging qurban,” jelas Reza.

Sebelum Idul Adha, kata dia, juga dilaksanakan Kirab Hewan Qurban yang merupakan tradisi baru yang digelar Masjid Agung Jami’ Singaraja. Pelaksanaan Kirab Hewan Qurban cukup meriah walaupun untuk kali pertama. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *