Sambut Idul Adha, Masjid Agung Jami’ Singaraja Gelar Kirab Hewan Qurban

BULELENG – Menyambut dan memeriahkan hari raya Idul Adha 1443 H atau 2022 M, Masjid Agung Jami’ Singaraja menggelar Kirab Hewan Qurban 2022, Jumat (8/7/2022) sore. Kirab yang dilaksanakan untuk pertama kalinya ini diharapkan menggugah warga untuk gemar berqurban.

Kirab Hewan Qurban 2022 melalui rute, dari Masjid Agung Jami’ Singaraja, lantas melalui Jalan Nangka – Jalan Hasanuddin – Jalan Jambu – Jalan Sawo – Jalan Diponegoro – Jalan Erlangga, Jalan Imam Bonjol dan kembali ke Masjid Agung Jami’ Singaraja. Peserta kirab diikuti anak-anak Masjid Agung Jami’ Singaraja, dengan mengirab 7 hewan qurban kambing.

Menurut Sekjen BKM Masjid Agung Jami’ Singaraja, M. Rezza Yunus, Kirab Hewan Qurban 2022 selain untuk memberikan hiburan kepada masyarakat Muslim Kampung Kajanan, juga untuk memberikan sesuatu yang bisa dikenang oleh masyarakat.

“Biasanya hiburan itu kami berikan saat pemotongan hewan sapi di areal masjid. Tapi tahun ini pemotongan sapi dilakukan di RPH (Rumah Potong Hewan) Pemaron. Karena itu kami ingin membuat sesuatu yang bisa dikenang oleh masyarakat, ya kami gelar kirab ini,” ujar Rezza.

Dikatakan, dari 15 ekor kambing yang akan dijadikan qurban di masjid bersejarah ini, tidak semuanya dipentaskan di kirab ini. “Hanya 7 kambing yang dipentaskan dalam kirab,” jelasnya.

Ketujuh kambing yang dikirab, dirias dengan narasi terkait Idul Adha. “Juga berisi ajakan kepada masyarakat untuk berqurban di tahun-tahun mendatang,” tambah Rezza.

Sementara Ketua BKM Masjid Agung Jami’ Singaraja, H. Hidayat Achdar, mengatakan, Idul Adha merupakan momen bahagia. “Karena itu, kami berharap kepada Allah AWT mudah-mudahan kirab ini menjadi wadah untuk membahagiakan semua. Bapak-bapak sudah bahagia dengan ikut mencari hewan qurban. Dan dengan kirab kita membahagiakan adik-adik atau anak-anak,” ujarnya.

Bang Dayat, demikian sapaan akrabnya, berharap ke depannya Kirab Hewan Qurban bisa dibuat lebih bagus dan lebih menarik. “Sehingga nantinya Kirab Hewan Qurban ini bisa menjadi even pariwisata. Ini akan dijadikan even rutin,” tandasnya. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *