Kepala Lembaga Sertifikasi Profesi Polri Kunjungi Masjid Jami’ Singaraja

BULELENG – Kepala Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Polri, Kombes Pol. Drs. Guntur Fartio Gaffar, M.Si., mengunjungi Masjid Agung Jami’ Singaraja, Rabu (18/5/2022). Selain untuk silaturahmi, Kombes Guntor juga melihat benda-benda cagar budaya yang ada masjid tersebut.

Kedatangan Kombes Guntor diterima Ketua DKM Masjid Agung Jami’ Singaraja, H. Hidayat Achdar, Ketua Seksi Sejarah dan Budaya Masjid Agung Jami Singaraja, Lalu Ibrahim, serta sejumlah pengurus lainnya. Ikut dalam pertemuan tersebut Wakil Kepala Sekolah SPN Singaraja, AKBP IGN Agung Ade Panji Anom dan Sekretaris Kelurahan Kampung Kajanan.

Di masjid yang sudah masuk Cagar Budaya tersebut, Kombes Guntor melihat Al Quran tulis tangan yang berumur ratusan tahun karya I Gusti Ngurah Ketut Jelantik Celagi. Tampak dengan seksama, ia mendengarkan penjelasan dari pengurus DKM Masjid Agung Jami’ Singaraja.

Ia juga menyaksikan beberapa benda-benda bersejarah lainnya di Masjid Agung Jami Singaraja, dan diakhiri dengan foto bersama di depan pintu gerbang masjid. Pintu gerbang ini merupakan hadiah dari keluarga Kerajaan Buleleng dan menjadi ikon Masjid Agung Jami’ Singaraja.

Pada kesempatan itu, Kombes Guntor mengingatkan bahwa masjid harus menjadi public service area, dengan prinsip IITD yakni ikram (melayani), ibadah ritualitas, taklim (belajar mngajar) dan dakwah (menyampaikan berita gembira).

Menurutnya, ada tiga ciri orang beriman, yakni bila berjauhan saling mendoakan, bila dekat saling mengunjungi atau bersilaturrahim, dan bila berjumpa, saling menyampaikan kebaikan.

Sementara Ketua DKM Masjid Agung Jami’ Singaraja, H. Hidayat Achdar, berharap, apa yang disaksikan Kombes Guntor di Masjid Agung Jami’ Singaraja dikabarkan kepada masyarakat luas. “Mohon disampaikan kepada saudara-saudara Muslim yang lain bahwa kami di Bali bisa melaksanakan ibadah dengan baik. Mudah-mudahan, masjid ini sering dikunjungilah,” tandasnya. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *