KETUA UMUM BKMT DITETAPKAN SEBAGAI DUTA ZAKAT

BEKASI – Ketua Umum PP BKMT, Hj. Syifa Fauzia, M.Art, ditetapkan sebagai Duta Zakat oleh Baznas RI. Penetapan Duta Zakat dilaksanakan di sela-sela Muktamar IX BKMT di Graha Alawiyah, Kompleks Pesantren Putri As-Syafiiyah, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/10/2021).

Acara tersebut dihadiri pimpinan Baznas Zainulbahar Noor, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, Prof. Kamaruddin Amin.

Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) merupakan lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Salah satu tugas Duta Zakat yaitu mengkampanyekan gerakan penyaluran zakat kepada masyarakat. Hj. Syifa Fauzia dipilih sebagai Duta Zakat, karena selama menjabat sebagai Ketua Umum BKMT sangat berdedikasi mengajak masyarakat Indonesia untuk berzakat dengan memanfaatkan ormas yang dipimpinnya yaitu BKMT.

BKMT dibawah pimpinan Hj. Syifa Fauzia melakukan gerakan kepedulian sosial, tidak hanya pada skala nasional saja, namun sampai skala internasional. Penggalangan dana yang pernah dilakukan seperti membantu korban banjir bandang di Garut, Jawa Barat, bencana gempa bumi di Lombok, bencana kabut asap di Pontianak, bencana banjir di berbagai provinsi di Indonesia, bencana banjir di Jabodetabek dan Palangkaraya.

BKMT juga ikut dalam kepedulian bencana tingkat global, antara lain beras untuk Afrika, diskriminasi penduduk Rohingya, dan solidaritas kepada saudara-saudara di Palestina.

Selain itu juga, BKMT melakukan pengumpulan dana untuk Palestina dengan jumlah total Rp 560.000.000, yang disalurkan melalui 4 instansi kemanusiaan terpercaya, yaitu Nusantara Palestina Center, Aksi Cepat Tanggap, Sahabat Al-Aqsa, dan Mer-C Emergency Rescue. Terkumpul dari BKMT Peduli selama 5 tahun ini sejumlah hampir 2 milyah rupiah. Yang telah disalurkan 90 persennya secara langsung oleh pengurus pusat, dan sisanya dititipkan melalui instansi kemanusiaan.

Hingga saat ini, sisa uang dalam BKMT Peduli sejumlah Rp 170 juta, yang akan disalurkan secara spontanitas apabila ada bencana yang terjadi di Indonesia ataupun dunia.

Dalam sambutannya, Zainulbahar Noor menyampaikan, terpilih dua Duta Zakat yaitu Abdul Somad pada tahun 2017, dan Ketua Umum BKMT masa jabatan 2021-2026, yaitu Hj. Syifa Fauzia. (Laporan Dr. Surayanah, BKMT Provinsi Bali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *