MTsT MARDLATILLAH SINGARAJA GELAR GLADI RESIK SIMULASI NASIONAL

SINGARAJA – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Terpadu Mardlatillah Singaraja menggelar simulasi Asesmen Nasional (AN) untuk murid kelas VIII, Senin-Selasa (13-14/9/2021). Agus Tunggal Saputra S.E, Proktor MTsT Mardlatillah, menjelaskan, pelaksanaan simulasi AN diikuti 45 siswa sesuai ketentuan Kemendikbud.

Peserta simulasi ini sebagai subject sampling asesment sehingga tidak seluruh murid ikut. Mereka mengerjakan di ruang kelas dan tetap dengan protokol kesehatan yang ketat. Dan dalam pembagiannya dibagi menjadi tiga sesi dan setiap sesi ada lima belas siswa yang mengerjakan.

“Simulasi ini disiapkan untuk pelaksanaan Asesmen Nasional (AN). Jumlah pesertanya juga 45 siswa,” kata dia menjelaskan.

Diterangkan, 45 siswa sebagai sample ini diharapkan dapat merepresentasikan mutu pendidikan sekolah. Hasil AN juga dijadikan evaluasi satuan pendidikan baik sekolah maupun madrasah di bawah naungan Kemendikbud dan Kemenag RI. Peserta simulasi AN mengerjakan soal-soal latihan sama seperti soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) mencakup literasi, numerasi, dan survei karakter.

Dia mengatakan, dengan pelaksanaan simulasi tersebut diharapkan siswa dan guru MTsT Mardlatillah Singaraja siap melaksanakan ANBK. ”Simulasi AN di hari pertama ini berjalan dengan baik, tertib dan tetap mentaati protokol kesehatan. Harapan terbesar kami adalah semoga pelaksanaan AN nanti berjalan dengan baik sesuai harapan kita semua. Hasilnya bisa jadi bahan evaluasi madrasah,” ujar Agus Tunggal Saputra. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *