KEMBANGKAN BAKAT SISWA DI TENGAH PANDEMI, MTsT MARDLATILLAH SINGARAJA ADALAN PROGRAM PENJUSI

SINGARAJA – Pandemi Covid-19 menuntut inovasi dan kreativitas lembaga pendidikan dalam menyiasatinya. Bukan hanya dalam pembelajaran yang harus dalam jaringan (daring), namun para siswa juga harus tetap dibina minat dan bakatnya. Pembinaan minat dan bakat tentunya merupakan satu tugas dalam satuan pendidikan.

Dalam kondisi normal sebelum pandemi, kegiatannya berupa ekstrakurikuler baik yang bersifat wajib maupun pilihan. Sedangkan di masa pandemi ini, menurut Kepala MTsT Mardlatillah Singaraja, M. Fachrudin, S.Pd, madrasah tetap berikhtiar memberikan ruang kepada peserta didik untuk dapat mengaktualisasikan diri sesuai minat dan bakatnya.

“Jadi, agar minat dan bakat anak-anak tetap tersalurkan dengan baik, kami tetap mewadahi minat dan bakat mereka dalam bentuk dokumentasi,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut diberi nama Pentas Jum’at Siswa (Penjusi). Kegiatan Penjusi ini merupakan hasil rapat seluruh dewan guru yang awalnya dicetuskan oleh bagian Humas MTsT Mardlatillah dan disetujui oleh seluruh peserta rapat. Kegiatan Penjusi ini dicetuskan dalam rangka memenuhi kebutuhan aktualisasi dan pengembangan diri.

“Sudah saatnya anak-anak kita diberikan ruang gerak yang lebih longgar dengan tetap memperhatikan prokes dan kondisi pandemi yang walaupun sudah melandai namun tetap harus diwaspadai,” ujarnya.

Fachrudin berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah memperkenalkan profil murid MTsT Mardlatillah, mensosialisasikan aktivitas pembelajaran di madrasah dan sekaligus juga memperkenalkan alternatif pemanfaatan media sosial kepada peserta didik secara positif (literasi digital) agar kelak mereka bisa mengikuti perubahan zaman dengan tetap berpegang pada nilai-nilai kearifan yang mereka yakini (agama, budaya dan lainnya).

Selain itu, melalui kegiatan ini semoga dapat menjadi terapi psikis bagi para murid yang sudah merasakan sulitnya belajar secara daring selama satu tahun lebih akibat pandemi. “Semoga dengan kegiatan ini mereka memperoleh semangat dan motivasi untuk terus bertahan dalam segala kondisi dan bisa berkreasi lebih baik lagi di masa yang akan datang,” imbuhnya. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *