PENDIS BULELENG GELAR GEBYAR RAMADHAN 1442 H

SINGARAJA – Sejalan dengan syiar Ramadhan 1442 H selama sebulan penuh yang jatuh pada tanggal 13 April 2021, Seksi Pendidikan Islam (Pendis) Kantor Kemenag Buleleng menyiapkan sejumlah program. Program ini dimaksudkan untuk mengisi Ramadhan agar nuansa dan suasana syiarnya tetap dirasakan oleh warga Pendis Buleleng, meskipun dalam situasi Pandemi Covid-19.

Program yang dirancang ini diberi nama Gema Edukasi Ramadhan Pendis Buleleng (Gembleng) yang mengambil tema “Ramadhan Berkah Pendis Buleleng Tetap Berkarya”. Seksi Pendis Buleleng mendorong semua Lembaga binaannya yang terdiri dari 10 lembaga RA anggota FKG PAI TK, 26 lembaga RA, 25 lembaga MI, 12 lembaga MTs dan 7 lembaga MA. Keseluruhannya berjumlah 80 lembaga yang secara keseluruhan diimbau untuk ikut aktif berpartisipasi dan berkarya.

Lewa Karma, selaku Kasi Pendis Buleleng dalam keterangannya menyampaikan bahwa lomba ini prinsipnya adalah menyiapkan madrasah/sekolah untuk menyambut gerbang digitalisasi pendidikan, meskipun berada di tengah pandemi.

“Kami juga menyadari bahwa Ramadhan ini merupakan tahun ke-2 kita beribadah dalam suasana pandemi, tetapi kita harus optimis dan tetap berkarya sepanjang masa,” tandasnya.

Gembleng ini dibagi menjadi empat pekan masing-masing pekannya diberikan subtema yang bisa dipilih oleh lembaga yang juga dibagi secara acak oleh tim kreatif. Untuk itu, produk dan karya lembaga diharapkan bisa memperkaya khasanah dan produktivitas akan menunjukkan eksistensi Pendis melalui dunia maya.

Setiap pekannya panitia akan memilih dan mengambil 3 besar peserta terbaik, sehingga akan ada 12 lembaga dengan karya terbaik selama Ramadhan nanti.

Dengan adanya Gembleng ini semua madrasah menyiapkan konsep dan tim digitalisasinya untuk merespon program madrasah reform menuju madrasah hebat bermartabat berkelas dunia. Ke depan seksi Pendis Buleleng berharap semua lembaga binaannya memiliki akun medsos seperti FB, IG dan youtube yang akan menjadi salah satu standar layanan informasi berbasis IT di masa medatang.

Lepas dari program Gembleng ini nantinya semua lembaga diharapkan juga tetap produktif untuk kreatif membuat konten dan mengisi materi tentang profil lembaga, layanan dan eksistensinya, sehingga masyarakat luas bisa mengaksesnya. Untuk itu, semangat ini harus menjadi komitmen kolektif semua pimpinan lembaga RA, madrasah dan FKG agar terus berkeja keras dan totalitas membangun branding Pendis Digital Berkelas Dunia. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *