DISEMINASI PEMBUATAN SOAL HOTS TINGKAT ALIYAH DIGELAR DI MAN BULELENG

BULELENG – Diseminasi Pembuatan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Tingkat MA (Madrasah Aliyah) se-Kabupaten Buleleng digelar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Buleleng, Sabtu (10/4/2021). Diseminasi tersebut ditujukan kepada kelompok target yaitu guru MA untuk memperoleh informasi terkait soal HOTS dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, dihadirkan dua narasumber yaitu Dr. Surayanah, M.Pd. dan Dra. Mihartini. Kedua sosok wanita tersebut menyampaikan materi terkait pengertian penilaian, penyusunan kisi-kisi soal HOTS, dan analisis pembuatan Soal HOTS.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Buleleng, Dr. Markhaban, S.Pd., M.Pd.I, menjelaskan bahwa kegiatan diseminasi pembuatan soal HOTS dihadiri oleh 45 orang. “Peserta kegiatan diseminasi berjumlah 45 orang, perwakilan guru di tiap MA swasta yaitu sejumlah 5 orang dan guru-guru MAN Buleleng sebanyak 40 orang,” kata Markhaban.

Menurut doktor lulusan UIN Jember tersebut, kegiatan diseminasi pembuatan soal HOTS tersebut dalam rangka pengimbasan informasi terkait pembuatan soal HOTS oleh tim fasilitator Kabupaten Buleleng kepada guru madrasah aliyah se-Kabupaten Buleleng. “Nantinya diharapkan guru yang mengikuti diseminasi kali ini harus membuat diseminasi kembali di madrasahnya,” jelasnya.

Sementara Mihartini menjelaskan, yang harus diperhatikan dalam pembuatan soal HOTS adalah memahami level tingkat kognitif, menyusun kisi-kisi sesuai format, dan membuat soal sesuai kaidah yang berlaku. Diharapkan agar para peserta dapat memanfaatkan informasi yang diterima untuk dapat dikembangkan di madrasah aliyah masing-masing. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *