PERINGATI HARI SANTRI, PKS BALI GELAR LOMBA BACA KITAB KUNING

DENPASAR – Dalam rangka memperingati Hari Santri, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Bali mengadakan acara Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK). Lomba Baca Kita Kuning dilaksanakan di Kantor DPW PKS Bali, Jl. Gn. Resimuka, Denpasar, Minggu (6/12/2020).


Sebanyak 27 peserta ikut ambil bagian dari berbagai kalangan, terdiri dari para santri dan masyarakat umum. Uniknya, peserta yang ambil bagian dalam LBKK tak hanya dilaksanakan secara tatap muka, namun juga daring yaitu melalui Zoom.


LBKK sendiri dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Santri dan HUT ke-16 tahun Fraksi PKS DPR RI.


Ketua Bidang Pembangunan Umat, Yunanistya Rahmadhiani, mengatakan, acara LBKK merupakan even Fraksi PKS DPR RI. Kegiatan ini melibatkan peserta dari seluruh Indonesia dan akan memperebutkan hadiah utama, berupa umroh.


“Dari Bali, hampir setiap kabupaten ada yang mewakili, peserta kami batasi umur 17 sampai dengan 25 tahun dan kami di sini menyeleksi di tingkat wilayah,” terangnya.


Nantinya peserta yang menang di tingkat Bali ini akan diikutkan ke tingkat nasional, bertanding melawan peserta dari provinsi lain.


“Insya Allah sudah disiapkan hadiah umrah untuk pemenang utama, adapun panitia juga sudah menyiapkan hadiah untuk juara tingkat wilayah,” imbuhnya.


LBKK sendiri merupakan lomba membaca kitab kuning dengan menggunakan Kitab Fathul Muin karya Syaikh Zainuddin Abdul Aziz Al-Malbary.
Peserta membaca kitab gundul, lalu menjelaskan isi kitab dari pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri.


“Peserta membaca kitab gundul Fathul Muin, lalu menjelaskan isinya sesuai tema yang didapat. Kemduian dilanjutkan dengan pertanyaan yang disampaikan oleh juri,” terangnya.


Untuk menyeleksi peserta di tingkat Provinsi Bali ini, panitia menghadirkan beberapa juri yaitu KH. Mustafid Amna, Lc, MA, Pengasuh Pondok Pesantren Diponegoro Klungkung, Bali dan Dosen STAI Denpasar, Ustadz Fathikhon, Pembina Darul Mustofa Assunniyyah Bali dan Ustadz Heri Hariyadi, Lc, Ketua Dewan Syariah DPW PKS Bali.


Wakil Ketua Umum DPW PKS Bali, Djoko Wahyono, dalam sambutan pembukaan lomba tersebut, sangat mengapresiasi antusias peserta dalam mengikuti LBKK. Ia menerangkan, kegiatan serupa sudah dilaksanakan sebanyak empat kali secara nasional. Harapannya peserta dari Bali bisa memenangkan hadiah utama di tingkat nasional nantinya.


“Alhamdulillah tahun ini kita bisa mengadakan di kantor DPW untuk seleksi tingkat wilayah, di Bali sendiri Lomba Baca Kitab Kuning ini diselenggarakan yang pertama kali,” jelasnya.


“Saya berharap peserta dari Bali dapat memenangkan hadiah umrah,” harap Djoko. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *