KAPOLSEK SELBAR TATAP MUKA DENGAN UMAT MUSLIM DESA SELABIH

TABANAN – Kapolsek Selemadeg Barat, AKP I Gusti Lanang Jelantik, SH, mengadakan silaturrahmi dengan umat Muslim Desa Selabih, di Musholla Hidayatul Mukmin Banjar Dinas Selabih Wanasari, Desa Selabih, Kecamatan Selemadeg Barat, Tabanan, Jumat (24/7/2020). Kegiatan silaturahmi dalam rangka perkenalan sebagai pejabat Kapolsek Selbar yang baru bertugas di Polsek Selemadeg Barat.
Dalam silaturahmi tersebut, Kapolsek Selbar menyampaikan agar tetap menjalin sinergitas, komunikasi yang lebih inten guna memelihara Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Selemadeg Barat yang kondusif. Kapolsek mengajak umat muslim Desa Selabih agar selalu menjalin kerukunan antara umat beragama di wilyah Desa Selabih dan Kecamatan Selbar.
Terutama menjelang hajatan pesta demokrasi Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Dimana tahapan sudah berjalan, roda politik sudah mulai bergulir, sekecil apapun permasalahan agar cepat dikoordinasikan sehingga tidak cepat membias keluar. “Jangan sekali-kali menggunakan musholla atau tempat ibadah yang ada untuk berpolitik praktis karena hal tersebut sangat riskan memecah belah persatuan umat. Disamping itu akan mempersulit komunikasi dengan pihak kepolisian,” ujar Kapolsek.
Selain itu, dalam kesempatan tatap muka, Kapolsek Selbar juga menyampaikan, di tengah mewabahnya Covid-19 diharapkan kepada pengurus/pengelola musholla dan umat muslim Desa Selabih semuanya untuk mengedukasikan masyarakat agar melaksanakan protokol kesehatan. “Protokol yang sudah ada seperti tempat cuci tangan dan hand sanitizer sudah bagus, namun perlu ditingkatkan dan diingatkan umatnya untuk selalu menggunakn masker dan jaga jarak serta menyiapkan desinfektan untuk penyemprotan sebelum melaksanakan persembahyangan.
Imam Musholla Hidayatul Mukmin Desa Selabih, Misru alias Pak Susi sangat mengapreseasi kegiatan Kapolsek Selbar mau melaksanakan silahturahmi ke Musholla Hidayatul Mukmin Selabih. “Komunikasi kami dengan pihak Kepolisian Polsek Selbar sudah berjalan dengan baik. Setiap sholat Jumat ataupun kegiatan ibadah lainnya kami tetap disambangi dan dijaga oleh pihak Kepolisian Selemadeg Barat. Dalam pelaksanaan sholat Jumat ini dijelaskan bahwa kapasitas Musholla Hidayatul Mukmin sebanyak 60 orang. Sesuai himbauan pemerintah di musim Covid-19 ini hanya diperbolehkn 30 orang dan, realita yang ada, umat yang hadir hanya 17 orang. Untuk jarak sudah disesuaikan dan lantai Musholla Hidayatul Mukmin sudah diberi tanda silang.
“Untuk masalah politik kami selaku pengurus musholla melarang keras adanya politik praktis di musholla kami. Kalau sudah di luar kami tidak mempermasalahkan. Dari beberapa hajatan politik yang sudah berlangsung kami umat muslim Desa Selabih belum pernah ada masalah, semuanya berjalan dengan aman,” katanya.
Kapolsek Selbar AKP I Gusti Lanang Jelantik, SH, menyampaikan terimakasih kepda pemimpin, pengelola dan umat muslim Desa Selabih sudah tidak menggunakan musholla untuk berpolitik praktis. Mengingat hal tersebut sangat riskan memecah belah persatuan umat. Untuk kegiatan persembahyangan di era adaptasi kebiasaan baru, Kapolsek berpesan protokol kesehatan agar tetap dijalankan, tetap koordinasi dengan Gugus Tugas Kabupaten maupun Desa Selabih, terutama tentang pembatasan umat untuk melaksanakan sembahyang. (ms)

Kapolsek Selemadeg Barat dengan umat Muslim Desa Selabih, Selbar, Tabanan. Foto: ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *