MEMASUKI MASA LIBUR, PENDIS BULELENG RANCANG AGENDA PENTING

SINGARAJA – Berkenaan dengan berkahirnya semester genap tahun pelajaran 2019/2020 ini, Seksi Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag Buleleng melakukan langkah-langkah efektif untuk melakukan transformasi informasi sekaligus penguatan program era New Normal di madrasah. Menurut Kasi Pendis, H. Lewa Karma, pihaknya menetapkan 7 hal penting yang diagendakannya memasuki masa libur panjang madrasah.

Seksi Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag Buleleng melakukan langkah-langkah efektif untuk melakukan transformasi informasi sekaligus penguatan program era New Normal di madrasah.

Pertama, mengevaluasi kegiatan selama work from home (WFH) sejak 16 Maret 2020 agar semua PNS dan guru madrasah bersertifikasi (TPG) segera melengkapi dan mengarsipkan berkas terkait seperti laporan kinerja harian (LKH), dokumentasi WFH, bukti kehadiran, dan dokumen pendukung lainnya dengan melibatkan pengawas untuk melakukan cek berkas pada waktu yang ditentukan.

Kedua, bagi MI yang akan melangsungkan pengumuman kelulusan ujian pada Senin, 15 Juni 2020, sebisa mungkin dilakukan dengan cara online. Jika harus pengumuman langsung agar mengikuti protokol pencegahan Covid-19 era New Normal dengan tetap menyampaikan berita acara dan rekap kelulusan melalui KKKMI Buleleng kepada Pendis Buleleng.

Ketiga, dalam rangka menyikapi agenda New Normal di RA/madrasah, maka segenap KKRA, KKM pada MI, MTs dan MA segera melakukan koordinasi efektif untuk menyiapkan Dokumen Kurikulum Darurat pada madrasah dengan menyiapkan opsi pembelajaran daring/luring dan/atau  tatap muka (pembelajaran langsung).

Keempat, setiap RA/madrasah agar segera melengkapi SOP Protokol Pencegahan Covid dengan segenap alat pendukungnya (penyediaan tempat cuci tangan yang cukup, alat semprot beserta disinfektannya, masker dan bila perlu face shield, hand sanitiser yang memadai, pengaturan  lingkungan dalam dan luar madrasah) dan sekaligus melakukan koordinasi dengan orangtua, komite serta gugus tugas setempat seperti desa/kelurahan dan/atau kecamatan terdekat.

Kelima, dalam rangka pemenuhan protokol beserta alat pendukungnya, maka RA/madrasah bisa memaksimalkan penggunaan BOP/BOS sesuai juknis revisi demi tercukupinya pengadaan alat-bahan yang terkait dengan pencegahan covid-19 dan e-learning.Keenam, serangkaian monev yang akan diselenggarakan oleh Bidang Pendis pada pekan ketiga bulan Juni 2020, maka semua madrasah tetap standby di tempat. Juga akan dilanjutkan dengan rencana monev BOP/BOS oleh Seksi Pendis Kabupaten Buleleng, pada pekan keempat bulan Juni 2020, sehingga madrasah diharapkan mempersiapkan laporan semester I dan sekaligus RKAM revisi.  Ketujuh, bagi RA/madrasah agar melaksanakan PPDB dan Matsama dengan sistem langsung/tatap muka, agar menyiapkan dan menyampaikan SOP-nya serta jadwalnya ke Seksi Pendidikan lebih awal. Di samping itu, pihak RA/madrasah diharapkan juga memfasilitasi lulusannya untuk dibantu didaftarkan pada madrasah lanjutan demi memudahkan anak didiknya.(ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *