HARKITNAS, GURU PAI BULELENG GELAR MEETING VIRTUAL

SINGARAJA – Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Rabu (20/5/2020), Bidang Pendidikan Islam (Pendis) Kantor Kemenag Buleleng mengadakan Kegiatan Silaturrahmi dan Meeting Virtual melalui Zoom bersama Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) dan para Pengurus KKG PAI SD, MGMP PAI SMP, SMA/SMK se-Buleleng. Kegiatan berlangsung secara daring mengambil tema “Evaluasi Kegiatan BDR/TFH Para Guru PAI Buleleng”.
Kepala Seksi (Kasi) Pendis Kemenag Buleleng, H. Lewa Karma, membuka acara sekaligus memberikan pengantar dan arahan seputar kebijakan selama BDR. Para pengawas PAI hadir dan turut memberikan komentar serta ulasan juga pembinaan kepada guru PAI. Diantaranya Pengawas PAI SMP, H. Zahrudin, Pengawas PAI SD, H. Ahsanudin, Pengawas PAI SMA/SMK, H. Achmad Yani.
Achmad Yani, selaku Pengawas PAI SMA/SMK, menyampaikan situasi yang ada pada sekolah binaannya. “Guru PAI di sekolah umum memang tak bisa menikmati masa lebaran seperti halnya guru madrasah. Di saat pekan hari raya Idul Fitri mereka justru masuk sekolah melalui BDR dengan berbagai kegiatan seperti evaluasi/PAT, namun demikian kegiatan ini bukan hal yang memberatkan,” terangnya.
Demikian juga H. Zahrudin menyampaikan bahwa Kasi Tendik dan PAI pada Bidang Pendis Kanwil Kemenag Bali sangat mendukung tertibnya administrasi bagi guru PAI. “Teman-teman guru PAI non PNS, khususnya masih banyak yang belum mengikuti arahan dan kebijakan Pendidikan Islam, sehingga setelah pertemuan virtual ini semuanya bisa faham dan ikut taat atas tertib administrasi,” kata Zahrudin.
Dengan harapan yang sama, H. Ahsanudin ingin memastikan semua guru dan sekolah binaannya bisa tanggap atas regulasi dan banyak sharing dengan teman sejawat. “Itulah fungsinya KKG PAI untuk saling berbagi informasi sekaligus melengkapi diri dengan taat administrasi sebagai bukti hadir dan kinerja guru,” ujar Ahsan.
“Pada prinsipnya KKG PAI SD akan selalu ikuti kebijakan Pendis dan arahan dari Pengawas,’’ kata Amin Jafar, Ketua KKG PAI SD.
Ia juga memastikan kepada pengawas tentang teknis pengumpulan tugas apakah bertahap atau sekaligus, namun setelah mendengar penjelasan pengawas dia bisa mengerti langkah berikutnya.
Sementara itu Moh. Romeli, Ketua MGMP PAI SMP, dan Sali Subroto, Ketua MGMP SMA/SMK masih banyak bertanya soal inputan data kehadiran secara harian dan e-MIS. Tampak anggota KKG/MGMP juga ikut urun rembug memberikan ulasan dan sharing dalam diskusi seperti Mas’udiyah guru PAI SMPN 1 Singaraja dan Moh. Sahlan, Guru PAI SMAN 2 Singaraja. Anggota lainnya juga ikut aktif mendengarkan meskipun pasif dalam berkomentar.
Kasi Pendis memberikan motivasi sekaligus mengajak semua guru tetap optimis mengempu siswa dan ikuti kebijakan pimpinan di satuan pendidikan masing-masing. Pengawas juga mengingatkan untuk mengisi daftar hadir harian dalam bentuk google form sebagai bukti hadir pada Seksi PAI Bidang Pendis Kanwil Kemenag Bali dan laporan kinerja mingguan disetor ke Pendis Kemenag Buleleng. “Semua bukti BDR agar disimpan dan dicetak, sebab sewaktu-waktu akan diperiksa, ” kata Kasi Pendis Buleleng, Lewa Karma.
Ia sangat mengapresiasi kerja semua pengurus KKG PAI SD, MGMP SMP, SMA/SMK yang telah banyak bekerjasama dengan Pendis Buleleng. “Kami berharap semua guru tetap menjaga kualitas layanan akademiknya, sekaligus tetap menjaga kesehatan serta ikuti protokol di tengah ancaman pandemi covid-19 ini,” pungkas Lewa. (ms)

Kegiatan Silaturrahmi dan Meeting Virtual melalui Zoom bersama Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) dan para Pengurus KKG PAI SD, MGMP PAI SMP, SMA/SMK se-Buleleng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *