KUE JANDA BERIAS, KULINER KHAS LOLOAN, NEGARA, BALI

Foto: Dok. Pramono AG

KUE Janda Berias begitulah namanya. Kue atau jajan yang khas Loloan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Dalam bahasa Melayu Loloan, nama kue ini dikenal dengan Jaje Jande Merias.

Asal nama jaje ini sangat sederhana. Sejarahnya, di seputar tahun 1970 – 1980-an di Loloan Barat, banyak dagang jaje yang keliling kampung dengan pola mejunjungan. Tempat menjunjung jaje tersebut biasanya dipakai nyiru yang beralaskan daun pisang.

Dan saat itu, memang umumnya pedagang jaje keliling merupakan kaum perempuan yang sudah berumur kisaran 40-an ke atas. Mereka bekerja berdagang keliling sebagai mata pencaharian, sumber nafkah sehari-hari, untuk biaya hidup anak-anaknya di rumah.

Umumnya mereka adalah para janda yang ditinggal kawin lagi dan tidak mau dimadu oleh suaminya. Atau juga janda yang ditinggal mati suaminya atau sering disebut cerai mati. Mereka berkreasi agar jaje-nya laris manis.

Pada tahun-tahun tersebut, jenis jaje yang dibuat tidak tahan lama. Pagi dibuat, malam harinya sudah basi, sehingga saat keliling kampung di siang hari, jaje-jaje di atas nyiru tersebut haruslah habis sebelum malam tiba atau sebelum waktu masuk magrib.

Nah karena yang menjual jaje atau kue itu umumnya janda-janda, sehingga mereka merias dirinya agar jaje-nya laku. Dan iseng saja jaje yang belum ada namanya waktu itu, saat ada pembeli bertanya, “ini jaje apa namanya”, si penjual tersenyum. Ambil jalan pintas cara cepat agar laku, ya jaje itu disebutnya dengan nama jaje jande merias.

Sejak itulah masyarakat di tahun 1980-an mengenal nama jaje jande merias. Sebenarnya nama awal kue tersebut sebelum tahun 1960-an disebut jaje kupe-kupe. Tetapi karena di tahun 1970 sampai 1980-an yang jualan jaje kupe-kupe banyak perempuan janda, maka sejak itu popular dinamakan jaje jande merias.

Namun, di balik itu semua, ada sebuah kenyataan perjuangan hidup yang keras dari kaum perempuan Loloan Barat di tahun 1980-an. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *