NU CARE: PERGUNU BALI BERBAGI

Pembagian paket sembako kepada guru NU oleh Pergunu.

DENPASAR – Sambung rasa (ukhuwah) diantara keluarga besar NU Bali telah terjalin lama antar Banom dan Lembaga NU yang ada. Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU bersinergi dengan Pimpinan Persatuan Guru NU Bali menyerahkan bantuan dalam bentuk pemberian paket sembako.

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Ketua LPBI NU Bali, H. Eki Syahrizal, kepada Pengurus PW Pergunu Bali yang diwakili oleh Moh. Sahlan dan Siti Aminah, Kamis (23/4/2020). Jatah paket sembako untuk PW Pergunu Bali sebanyak 100 paket yang dibagikan kepada pimpinan cabang, di antaranya PC Pergunu Jembrana 30 paket, dan Buleleng 40 paket. Sisanya 30 paket disalurkan langsung oleh Pengurus PW Pergunu di daerah Tabanan 18 paket dan Gianyar 12 paket.

Dalam pesannya, H. Eki menyampaikan bahwa paket sembako tersebut untuk guru NU yang masih honor, bukan penerima TPG, serta berpenghasilan rendah. Adapun isi paket sembako berupa beras 3 kg, minyak 1 liter, mie instan 5 biji dan masker. Meskipun isi paket masih minim, namun diharapkan bisa meringankan beban para guru NU yang tidak pernah libur memberikan layanan selama kegiatan kerja dari rumah.

Mewakili PW Pergunu Bali, Siti Aminah, selaku sekretaris umum, menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama dan kepercayaan LPBI NU Bali memberikan paket sembako untuk PW Pergunu Bali. “Insya Allah paket sembako ini sangat bermanfaat dan membantu teman-teman guru honor di daerah binaan kami,” sambut Aminah.

Buleleng mendapat bantuan tambahan sebanyak 10 paket dari Tim IT PP Pergunu, Aji Sugiarto, sebagai bentuk apresiasi beliau atas komitmen PC Buleleng yang paling menonjol dalam updating data anggota Pergunu. Dengan demikian, maka PC Pergunu Buleleng menyalurkan 50 paket dan distribusikan pada hari perdana puasa Jumat, 24 April 2020.

Berhubung jumlah paket sembako masih terbatas, maka pengurus mengambil kebijakan untuk menyalurkan paket pada anggota Pimpinan Anak Cabang (PAC) terdekat diantaranya PAC Kota, Sukasada I (Pegayaman) dan Sukasada 2 (Tegallinggah).

Koordinator lapangan, Moh. Sahlan, didampingi penasehat Pergunu H.M. Maksum Amin, Ketua PC Lewa Karma dan Ketua PAC Kota M. Syarif berkeliling membagi paket agar segera tersalurkan sesuai dengan amanah LPBI NU Bali.

Penyaluran bantuan oleh PAC Kota dipusatkan di kediaman  guru MA At Taufiq, Evi Nurmasita. Sementara di PAC Sukasada I diterima langsung oleh S. Ja’ranah di MI Miftahul Ulum Pegayaman. Untuk PAC Sukasada 2 diterima langsung oleh Ketua PAC Sumarwanto di Tegallinggah.

“Alhamdulillah, amanah sudah disampaikan. Semoga menjadi berkah untuk kita semua,” ujar Moh. Sahlan, saat dikonfrmasi.

Dalam perjalanan, H.M. Maksum Amin, selaku Penasehat Pergunu memberikan apresiasi semua pihak dalam menjalankan amanah. Semoga NU dan khususnya banom Pergunu senantiasa menjadi solusi untuk umat dan bangsa.

Dia memotivasi pengurus untuk terus meng-update program kerja dan database organisasi, karena komitmen dan kesungguhan guru bergabung di Pergunu harus dibuktikan dengan mendatakan diri secara sukarela dalam SIMAS Pergunu yang sedang digalakkan oleh PP Pergunu.

Ketua PC Pergunu Buleleng, Lewa Karma, mengamini hal tersebut. Ia berharap semua guru yang berafiliasi dengan NU segera bergabung dan mendaftarkan diri, baik mandiri maupun dengan bantuan pengurus. Adapun selama bulan puasa ini, PC Buleleng memang tidak menyusun program  khusus seperti safari ramadhan maupun buka puasa bersama, mengingat wabah covid-19 yang belum juga usai. “Kami semua mengajak anggota Pergunu dimanapun berada merujuk pada arahan Ketua Umum PP Pergunu Prof. Dr. K.H. Asep Saefudin Chalim, M.A. untuk terus berdoa, sabar dan ikuti protokol pencegahan covid-19 dari pemerintah,” tegas Lewa. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *