PAUD ABC SINGARAJA, SEKOLAH BERBASIS ALAM

PENDIDIKAN Anak Usia Dini (PAUD) ABC Singaraja boleh dibilang sekolah langka. PAUD ini menyelenggarakan proses pembelajaran yang berbasis alam. Anak-anak belajar bersama alam, untuk menumbuhkan jiwa mandiri dan membangkit keberanian.

PAUD ABC Singaraja berlokasi di kawasan yang cukup sejuk. Tepatnya di Jl. Kibarak Panji, Desa Panji, Singaraja, Bali. Sekolah ini dikelola pasangan suami-istri yang sama-sama dosen di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja. Yakni Dr. Wahjoedi, M.Pd, dan Dra. Damiati, M.Kes.

Menurut Damiati, PAUD ABC Singaraja menerapkan pembelajaran yang berbasis alam dan budi pekerti. “Disebut berbasis alam karena proses pembelajarannya lebih banyak di alam. Di ruang alam atau di kelas terbuka. Tidak monoton hanya di dalam kelas,” paparnya.

Dikatakan, pakem kurikulumnya tentu mengadopsi dari pusat. Namun, proses pembelajarannya disesuaikan dengan konsep sekolah alam. Misalnya, ada materi pembelajaran pengenalan anggota tubuh, anak-anak akan dibawa ke alam. Katakan pengenalan tentang anggota tubuh jari.

“Anak-anak nanti diajak menyanyikan tentang jari. Terus jari-jari ini untuk apa? Memetik atau mengambil sesuatu. Anak-anak langsung praktek bagaimana memetik langsung di alam,” jelas Damiati.

Atau misalnya ada pembelajaran pengenalan binatang. Di PAUD ABC Singaraja tersebut dilengkapi bird park (taman burung) dan kolam ikan. Anak-anak langsung dikenalkan dengan binatang tersebut. Jarang guru-guru di sana memberikan contoh dengan gambar, melainkan langsung berkenalan dengan objek yang jadi tema pembelajaran.

Dra. Damiati, M.Kes.

Menurut Damiati, media pembelajarannya juga diambil dari apa yang ada di alam. “Proses belajarnya hanya dari Senin sampai Kamis. Hari Jumat olahraga. Sabtu, anak-anak diajak ke alam, dengan melakukan outing, seni, cooking (memasak), dan outbond. Kalau outing, kami bawa anak-anak keluar,” tutur dosen PKK Undiksha Singaraja ini.

Setiap hari Sabtu, tiap minggunya selalu berbeda-beda. Dengan konsep tersebut, tambah Damiati, diharapkan anak-anak lebih mengenal alam dan masuk ke pembelajaran. Anak-anak menjadi lebih cepat memahami. “Jadi tidak hanya teori atau menghayal saja. Tetapi anak-anak merasakan langsung apa yang dipejarinya,” ujarnya.

Dengan mengusung konsep sekolah alam, PAUD ABC Singaraja dilengkapi sejumlah fasilitas. Selain bird park, juga ada kolam ikan, jembatan titian goyang, ruang terbuka, fasilitas outbond for kid, dan flying fox. Dengan pembelajaran dan latihan-latihan berbasis alam tersebut, diharapkan tumbuh jiwa mandiri dan berani dari anak-anak.

“Dari sanalah anak-anak belajar mandiri dan tumbuh keberaniannya. Ketika mereka mandiri, punya keyakinan yang tinggi, mereka dengan mudah menyerap pelajaran,” jelas Damiati. Dan, benar, meskipun masih usia dini, siswa-siswa PAUD ABC Singaraja sudah berani mencoba flying fox. Dengan santai dan gembira, tanpa rasa takut. (ms)

2 thoughts on “PAUD ABC SINGARAJA, SEKOLAH BERBASIS ALAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *