RAMUAN TRADISIONAL UNTUK PENYAKIT AKIBAT BANJIR

BANJIR menerjang sejumlah wilayah di kawasan Jakarta, Jawa Barat dan Banten beberapa waktu lalu. Ribuan orang terdampak banjir. Berbagai penyakit akibat banjir mengancam warga.

Penyakit-penyakit yang bisa menyerang orang-orang yang tengah dilanda banjir beragam. Mulai leptospirosis, infeksi, malaria, demam berdarah, diare hingga flu. Banjir memang membuat nyamuk berkembangbiak. Penyakit-penyakit seperti malaria, west nik virus dan demam berdarah harus diwaspadai.

Kencing tikus yang bercampur air banjir bisa menyebabkan penyakit leptospirosis. Ia menular dari kencing tikus kepada manusia lewat selaput lendir, luka, makan, mata, dn hidung. Orang yang terjangkit leptospirosis akan mengalami gejala seperti tubuh menggigil, sakit kepala mendadak, batuk, diare, demam tinggi, mata merah, nyeri otot, mual, muntah, ruam pada kulit dan kehilangan nafus makan.

Kementerian Kesehatan RI dalam rilisnya di laman www.kemkes.go.id, memberikan tips bagaimana menghindari penularan leptospirosis. Pertama, berprilaku hidup bersih dan sehat, yakni menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kedua, menyimpan makanan dan minuman dengan baik. Ketiga, mencuci tangan dan kaki serta sebagian tubuh lainnya dengan sabun.

Keempat, memakai sepatu dari karet dengan ukuran tinggi, dan sarung tangan karet bagi kelompok kerja yang berisiko tinggi tertular leptospirosis. Kelima, membasmi tikus di rumah dan di kantor. Keenam, membersihkan dengan desinfektan bagian-bagian rumah, kantor atau gedung.

Nah, biasanya yang baik dan sering terjadi saat banjir adalah serangan flu. Bagi Anda yang kena flu, biasa menggunakan ramuan tradisional untuk mengusirnya. Murah dan alami.

Anda cukup siapkan bahan-bahan ini. 1. Satu ruas jahe, 2. Satu batang kayu manis ukuran sedang, 3. Tiga cengkeh, 4. Dua sendok makan madu, 5. Setengah sendok teh beepolen, 6. 200 ml air panas.

Cara meraciknya, jahe digeprek. Masukkan ke air panas. Tambahkan cengkeh dan kayu manis. Diamkan hingga air menjadi hangat. Kemudian tambahkan madu dan beepolen. Aduk sampai rata. Ramuan siap diminum, Insya Allah bisa menghilangkan flu yang Anda derita. (MS)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *